Tuesday, July 24, 2012

Program menghitung Luas Segitiga dengan Visual Basic 6.0

Pada tulisan ini, saya mencoba untuk menerbitkan salah satu program sederhana yang saya buat. Mungkin bagi para master VB, nii bLum seberapa.. taPii,, sebagai pemula saya ingin berbagi untuk pemula lainnya.
, contoh program sederhana yang saya buat adalah “Menghitung Luas Segitiga”. materi tersebut merupakan Tugas Kuliah Komputer II,

Sedikit info yang saya dapatkan dari salah satu teman bLoger , bahwa WP yang free tidak diperbolehkan memposting file dalam bentuk exe. Namun Yg dibolehkan adalah file dengan ekstensi ” doc,gif,png,jpeg,dll . Sehingga program yang akan saya upload, saya ubah terlebih dahulu eksistensinya dari .exe menjadi .doc . Dan setelah kaLian downLoad, kalian dapat ubah lagi eksistensinya dari .doc menjadi .exe .
Untuk menjalankan program tersebut, sebelumnya silahkan download programnya terlebih dahulu dengan mengkLik gambar berikut.

Perhatikan Langkah – Langkah selanjutnya.
setelah kLik Link download di atas, maka akan muncul tampilan sbb.



Setelah mendownload file tersebut, maka terlihat file dengan eksistensi .doc harus di rename menjadi .exe, maka tampilannya akan berubah seperti berikut ini
Sebelum di rename
Setelah di Rename
Kemudian double klik pada file, akan munul tampilan berikut, tinggal klik “Run”
nah,, program siap dijalankan. Tampilan program sbb.
SeLamat mencoba… :D
Catatan :
Untuk menguji hasil jawaban dari program tersebut, perlu diingat bahwa rumus  Luas Segitiga = 1/2 x alas x tinggi
Bagi computer yang tidak menampilkan eksistensi file, dapat mengikuti langkah berikut. Klik kanan Start –  Windows Eksplorer – Tools - Folder Options – View, lalu hilangkan tanda centang pada hide extensions for known file types .Ok.  Untuk me-rename tinggal anda ubah .doc menjadi .exe
Untuk “Cara Membuat Program dengan VB 6.0″ akan saya tuLis pada Postingan Selanjutnya..
Terima Kasiihh,, :D

No comments:

Post a Comment